Tukang Kerupuk Naik Haji
Tukang Kerupuk Naik Haji
Tri Darini-Tukang Kerupuk Naik Haji

(Tukang Kerupuk Naik Haji) Berangkat ibadah haji pastilah menjadi impian dan cita-cita bagi semua umat muslim di dunia, tidak terkecuali Tri Darini perempuan berusia 53 tahun ini berasal dari desa sribit kecamatan delanggu kabupaten klaten provinsi jawa tengah. Tri Darini berjualan kerupuk keliling setiap hari, dengan menaiki sepeda ontel tua sambil  membawa bronjong  hijau berkeliling kerupuk ke para pelanggan ibu rumah tangga dan toko kelontong sekitar rumah desa nya.

Sudah sekitar 28 tahun ia jualan kerupuk buatannya sendiri dan sejak tahun 2006 ia mulai menyisihkan hasil penjualan tersebut untuk ditabung guna berangkat haji ke tanah suci, Tri Darini sudah lama bercita-cita ingin berangkat haji. Pada tahun 2011 ia sudah bisa mendaftar haji, 13 tahun berlalu berkat dukungan keluarga, mimpi tri darini untuk menyempurnakan rukun islam yang ke lima menjadi kenyataan, pada 10 juli 2019 Tri Darini akirnya berangkat ke tanah suci melalui embarkasi donohudan kabupaten boyolali provinsi jawa tengah kloter 10 gelombang pertama.

“bapak saya pengen semua anaknya naik haji, tapi saya tidak punya uang, dan bapak pun menyuruh saya menabung” kata Tri Darini. “Selain berjualan krupuk saya juga memelihara sapi milik orang lain dan bapak pun menyuruh saya untuk menabung dari hasil jualan kerupuk serta menyisihkan hasil keuntungan dalam memeliharakan sapi milik orang atau dengan menggaduh” lanjut tri darini. Untuk hasil jualan kerupuk darini mengaku dalam sehari rata rata 30 ribu rupiah yang ia dapatkan, setelah dikurangi pengeluaran kebutuhan sehari hari lalu ia sisihkan untuk tabungan haji.

 Tri darini juga sudah melakukan pamitan haji bersama puluhan jamaah lain sekecamatan delanggu. Dalam acara pamitan tersebut, tri darini turut membagikan krupuk dagangannya kepada jamaah haji lain. Meski berangkat sendiri tanpa didampingi suami, darini merasa senang dan mengaku bersyukur bisa berangkat haji seperti yang diimpikannya selama ini. Berkat ketekunan dan usahanya menabung, nenek lima cucu ini akhirnya bisa menunaikan ibadah haji, berbekal persiapan mental dan doa dari dirinya serta keluarga menjadikan darini lebih memantabkan langkah kaki ke tanah suci.

Penjual kerupuk yang berhasil naik haji ini menjadi bukti bahwa tekad yang kuat dengan di sertai niat yang ikhlas dapat menghantarkan seseorang menjalankan ibadah haji meski berasal dari rakyat kecil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Tukang Kerupuk Naik Haji

Satu gagasan untuk “Tukang Kerupuk Naik Haji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *